Tuesday, July 24, 2018

Pesona Gunung Prau Wonosobo Yang Menyejukkan

nikmatnya secangkir kopi di gunung prau


Pesona Gunung Prau

Bagi Pecinta kopi, ngopi di tempat yang berbeda itu ada kesenangan tersendiri. Kenyamanan dan ketenangan saat ngopi itulah yang di cari. Gunung Prau mungkin bisa jadi salah satu destinasi ngopi untuk mencari ketenangan. Selain udaranya yang masih asri dan segar, pemandangan nya juga sangat memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya. Tak ayal, Gunung Prau menjadi destinasi favorit bagi para pelancong. Baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Beginilah rasanya menikmati secangkir kopi khas negeri diatas awan.

sunrise di gunung prau

Informasi Mengenai Gunung Prau Wonososbo

Gunung Prau terletak di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Desa Patak banteng dengan ketinggian 2.565 MDPL. Dengan jalur pendakian yang relatif mudah dan cukup jelas bagi para pendaki serta view yang istimewa menjadikan Gunung Prau menjadi gunung favorit bagi para pendaki saat ini.
Untuk mendaki Puncak Gunung Prau, pendaki hanya membutuhkan sekitar 3-4 jam trekking. Ada 2 jalur pendakian yang menjadi favorit para pendaki yaitu melalui jalur Dieng ataupun Patak banteng. Jalur pendakian Via Dieng cenderung lebih santai dan tidak berbahaya jika dibandingkan dengan jalur Patak Banteng yang jalurnya cukup terjal meskipun waktu tempuhnya lebih singkat.
Dari puncak Gunung Prau pendaki dapat menikmati pemandangan serba cantik di antaranya hamparan keindahan bukit teletubbies dan bunga yang sangat menawan. Tak hanya itu, kita juga dapat menyaksikan keindahan jajaran Gunung Sumbing, Sindoro, Merapi, Merbabu, dan Slamet. Puncak Gunung Prau sering dijadikan tempat untuk hunting spot Golden Sunrise yang terbukti spektakuler.
Gunung Prau dapat menjadi destinasi utama kalian untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian. Pendaki akan dibuat jatuh hati melihat Telaga Warna Dieng dari ketinggian, hamparan bunga dan bukit Teletubiesnya. Kalian bisa mengabadikan momen momen yang sangat luar biasa, yang pastinya tak kau temui dikota kota besar...
Kebanyakan pendaki menuliskan bahwa puncak Gunung Prau berada di ketinggian 2565 Mdpl, padahal faktanya lokasi tersebut merupakan camping ground sementara untuk puncaknya sendiri berada di ketinggian sekitar 2590 Mdpl. Ada jadwal buka tutup rutin yang diterapkan di Gunung Prau yaitu pada 5 Januari sampai 5 April setiap tahunnya, untuk mengembalikan ekosistem di kawasan tersebut.
Gunung Prau masuk dalam wilayah hutan lindung yang dikelola oleh PT. Pada saat musim kemarau, adakalanya suhu udara di Gunung Prau mencapai titik terendah sehingga memungkinkan bagi para pendaki menemukan butiran kristal es di tanah pada pagi hari.


Keseruan saat mendaki bersama teman teman adalah hal yang sulit sekali ditemui ketika dikota. Apalagi yang kerjanya intens, sulit untuk menentukan waktu yang pas buat ber-weekend ria. Ini keseruan kita saat mendaki bareng teman teman, kita berangkat bareng 23 orang, hahaha banyak sekali yaaa....
hanya meninggalkan kenangan bersama teman teman

Padang Bunga Daisy Di Puncak Gunung Prau

Di Gunung Prau para pendaki tidak akan menemukan bunga Edelweis yang lazim ditemukan di gunung lainnya, melainkan padang bunga Daisy yang berwarna-warni. Pesona Gunung Prau ditinggi Dieng menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki, bahkan bagi pemula sekalipun. Dengan eksotisme alamnya yang mempesona ditambah jalur tracking yang relatif pendek menjadikan siapapun penasaran untuk menaklukan nya. Apalagi bagi mereka yang suka berburu golden sunrise, karena sunrise di puncak Gunung Prau begitu istimewa. Tidak heran jika banyak yang menyebutnya sebagai golden sunrise terbaik di Asia Tenggara, nah bagaimana menurut kamu?
Indah. Adalah suatu ungkapan yang tak cukup untuk memvisualisasikan pemandangan yang kita temui disana. Pepohonan yang rindang, udara yang segar, serta langit yang merah keemasan bagai dicat orange....
follow me on instagram @rizki_imamfauzi


No comments:

Post a Comment

Featured Post

Misteri Di Gunung Gede Pangrango

telaga biru dijalur gunung gede Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri  adal...