Thursday, August 6, 2015

Tips Merawat Sepeda Gunung Agar Tetap Awet Dan Bagus

Merawat Sepeda MTBSepeda gunung atau yang juga dikenal dengan sebutan sepeda MTB merupakan sepeda khusus untuk menaklukkan medan-medan berat di pegunungan, entah itu medan basah atau kering.

Dengan medan berat yang harus dilalui tersebut berarti butuh perawatan ekstra untuk sepeda ini, dibandingkan dengan sepeda biasa. Jika tidak, maka dipastikan sepeda gunung kita bisa tidak bertahan lama.
Agar sepeda gunung kita bisa tetap awet, berikut ini beberapa perawatan sepeda gunung yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Bersihkan Sepeda

Mencuci SepedaMembersihkan sepeda gunung secara rutin, terutama setiap kali habis digunakan bisa menjadi kunci keawetan sepeda mtb kita. Untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan shampo khusus untuk sepeda motor. Cuci sepeda MTB dengan menggunakan spons, handuk, dan sikat gigi bekas untuk membersihkan seluruh bagian sepeda, mulai dari frame, rantai, cincin rantai, pedal, rem, hingga jok
sepeda. Sebaiknya hindari menyemprotkan air secara langsung dan dalam jumlah yang banyak ke seluruh body sepeda. Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan karat di bagian dalamnya. Cukup semprotan kecil seperti air hujan saja sebenarnya juga sudah cukup untuk membersihkan sisa-sisa sabun. Jangan lupa untuk melepaskan jok sepeda saat membersihkannya dan tambahkan sedikit minyak pelumas sepeda sebelum memasangnya kembali.

Rem Sepeda2. Cek Rem

Rem merupakan bagian yang penting pada sepeda gunung. Dengan memeriksanya setiap saat bisa menghindari kita dari kecelakaan serius yang mungkin terjadi saat off-road yang disebabkan oleh rem
yang aus. Periksalah bagian berbentuk persegi yang biasanya berbentuk metalik atau karet yang menempel di sisi kanan dan kiri disk ban sepeda. Bila terlihat sudah mulai aus karena tergerus atau pemakaian yang terlalu lama sebaiknya ganti.

3. Periksa ban dan rim (wheelset)

Wheelset SepedaRim ban sepeda berpengaruh pada kestabilan dan kehalusan sepeda saat dikendarai. Untuk mengetahui apakah rim roda dalam keadaan baik, angkatlah sepeda kita dan putar pedal. Pastikan kedua ban bergerak dengan halus tanpa ada goyangan yang tidak stabil.
Jangan lupa untuk memerikan tekanan ban.
Tekanan ban yang ideal adalah kira-kira 30-40 psi.
Tekanan yang lebih rendah dari pada itu akan menyebabkan ban mudah bocor. Kemudian cek juga apakah ada retakan pada ban atau tidak. Agar ban terlihat seperti bar, bisa juga kita menyemir ban sepeda MTB dengan semir ban khusus.

4. Tambahkan pelumas

Pelumas RantaiMinyak pelumas pada rantai dan sistem penggerak sepeda bisa membantu mengurangi kotoran dan debu yang terkumpul sekaligus membuat performa sepeda bisa lebih maksimal dan awet. Ulaskan minyak pelumas secara merata di rantai sambil di memutar pedal berbalik dengan arah jarum jam. Ulaskan juga pelumas di bagian derailleur, kabel rem, dan tuas rem. Jangan lupa untuk
membersihkan sisa-sia minyak pelumas tadi dengan kain yang bersih terutama pada bagian rantai.
Agar tetap awet dan memiliki performa yang maksimal, jangan lupa untuk juga membawa sepeda gunung ke bengkel sepeda secara rutin untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

semoga bermanfaat.... :)

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Misteri Di Gunung Gede Pangrango

telaga biru dijalur gunung gede Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri  adal...