Tuesday, December 13, 2016

Perjalanan Menyusuri Nusakambangan Hingga Sampai Di Pantai Kalikencana

Assalamualaikum wr.wb...

Hai guys, perkenalkan nih namaku Rizki Imam Fauzi. Aku mau share pengalaman mengesankan kemarin saat di pantai Kalikencana Nusakambangan Cilacap.
Kita cari tau dulu apa sih Pantai Kalikencana? Emang indah dipandang? Ada apa aja sih disana? Nanti akan kita bahas semuanya disini..


Dimulai dari kita kumpul di Teluk Penyu. Alangkah baiknya kita booking dulu perahu yang mau kita naikin nanti untuk nyebrang ke Nusakambangan, tapi kalau belum booking juga ngga papa sih, kita nego aja disana sama yang punya perahu. Pas aku kemarin si cm bayar 20 ribu per orang.
Setelah semua teman teman kita kumpul dan masalah perahu juga sudah selesai, kemudian kita mulai nyebrang.



Di sepanjang perjalanan kita bisa melihat keindahan laut, air yang biru, pemandangan dermaga pertamina, kapal tanker, dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan termasuk selfie diatas perahu yang melaju tp hati hati ya guys..

Sesampainya di Nusakambangan, kita turun dari perahu dan berjalan menyusuri hutan, kurang lebih sekitar 2 jam kita sampai di Kalikencana. Disana kalian bebas mau ngapain aja asal masih dalam koridor yang wajar ya. Boleh bawa makanan dari rumah kok, malah ini disaranin banget soalnya disana ngga ada warung atau toko makanan, bahkan toilet pun belum ada.


Pas kita disana si bakaran ikan laut, asik loh. Ikan lautnya ku dapet dari penjual ikan disekitaran teluk penyu. Selain bakar bakar ikan kita juga tak lupa menikmati spot yang indah disana.


nih, beberapa foto foto kita saat disana, lumayan lah yaaaaa


oiya disana pasirnya putih loh,,,,
Lihat nih kebahagiaan kita waktu liburan disana, semua beban pikiran hilang setelah melihat keindahan pemandangan pantai nya. Ditambah kesana bareng teman teman yang asik, pokoknya fresh deh.
Banyak hal yang bisa kita lakukan disana. Dari bermain air di pantai, membuat candi borobudur mini, atau bisa juga seperti kita bakar ikan di sana. Tapi sebelumnya bawa ikan dulu dari rumah, bawa makanan secukupnya. Tetapi tetep, sampah dibawa pulang kembali, karena disana gak ada tukang sampah, hehehe...




bawa makanan yang banyak dari rumah yaa, dan jangan lupa sampahnya dikumpulin terus dibawa pulang lagi yaa, soalnya disana tempatnya masih asri dan jarang ada pengunjung disana. Paling kalo weekend aja, itu juga pengunjungnya cuma beberapa. Kebanyakan dari mereka ngga suka jalan kaki jauh sii.


Sebelum kalian kesini siapin fisiknya yaa, karena perjalanannya lumayan jauh. Tapi setelah kalian sampai sini, ku jamin deh rasa lelah kalian akan terbayarkan dengan melihat keindahan Pantai Nusakambanga.




Seindah dan semenarik apapun pantainya, kalau dari pengunjung gak sama sama menjaga juga, lama kelamaan pantai akan kotor dan gak menarik lagi. Siapa juga yang mau wisata ke tempat kotor. Jadi, yuk sama sama kita jaga alam kita dengan tidak mengotori nya. Kita harap suatu saat ada perhatian dari pemerintah agar Kalikencana jadi obyek wisata yang tertata, agar lebih menarik lagi minat pengunjung.

SALAM LESTARI......

















written by : mamble

Wednesday, August 19, 2015

Tips Membersihkan Sepeda Agar Terlihat Fress Saat Offroad


Tips Membersihkan Sepeda
Cuaca memang tidak dapat diprediksi, hujan pun dapat turun kapan pun juga. Terlebih ketika bersepeda di daerah pegunungan, sepeda mudah kotor karena lumpur.

Bagaimana cara membersihkannya? Ada 11 (sebelas) langkah untuk membersihkan sepeda dan mengembalikan performanya.


Sebelum kita lanjut ke proses membersihkan sepeda ini, ada beberapa barang yang dibutuhkan. Barang barang itu adalah:

1.            Sikat pembersih
2.            Kunci allen 2-8 mm
3.            Kertas amplas
4.            Busa/spons
5.            Cairan pembersih rantai
6.            Alat indikator pemeriksa rantai
7.            Kain perca
8.            Cairan pembersih (bisa juga menggunakan shampo mobil)
9.            Minyak tanah (jika tidak ada, bisa menggunakan minyak sayur)
10.          Pompa shock absorber
11.          Pompa angina
12.          Workstand (bisa menggunakan paddock, yang penting sepeda dapat                  berdiri tegak sehingga memudahkan ketika pengerjaan)

Apakah alat-alat diatas sudah dipersiapkan? Lanjut ke proses membersihkan sepeda. Langkah-langkah membersihkan sepeda yaitu:

1.            Mencuci sepeda

Sepeda yang telah digunakan untuk melibas lebatnya hujan atau sekedar genangan air pasti sangat kotor. Sebelum memulai mencuci, lepaskan pelindung  tanah (mud guard) dibagian fork. Kemudian
bersihkan menggunakan cairan pembersih. Bersihkan seluruh bagian sepeda termasuk pivot, hub, dan headset.

2.            Bersihkan rantai

Gunakan cairan pembersih rantai, chainring, dan cassette agar seluruh kotoran yang menempel akibat minyak rantai dapat hilang. Posisikan sepeda menjadi terbalik untuk memeriksa seluruh bagian tersebut. Bersihkan seluruh bagian bawah frame menggunakan kain perca. Selanjutnya berikan cairan pelumas rantai hingga merata.

3.            Memeriksa headset

Lakukan dengan memegang cup atas menggunakan jari telunjuk dan jempol anda. Lakukan pengereman roda depan dan goyangkan setang ke depan danke belakang. Rasakan, jika ada pergerakan, maka kendurkan baut pada stem, steerer clamp dan kemudian kencangkan baut di atas stem hingga tidak ada pergerakan. Kencangkan kembali baut steerer clamp, pastikan setang berada di posisi yang tepat.

4.            Memeriksa drivetrain

Periksa chainring dan cassette. Gunakan alat pemeriksa rantai sehingga dapat mengetahui apakah harus mengganti rantai atau tidak. Letakkan sepeda di workstand. Periksa kekencangann pada setiap link atau jika ada kerusakan. Pastikan tidak ada kerusakan pada chainring atau tetap berputar secara lurus dan tidak ada mata gigi yang rusak. Lakukan hal tersebut pada cassette.

5.            Memeriksa rem

Lepaskan kedua roda dan periksa kedua caliper rem. Periksa pad rem. Jika pad terlihat sudah tipis, maka anda harus melepas pad tersebut. Ganti pad tersebut dengan yang bagus. Namun 
sebelum memasang pad, gunakan kertas amplas di bagian permukaan pad rem tersebut.

6.            memeriksa jari-jari

Dengan sepeda masih terpasang di workstand, begitu pula dengan roda yang masih berada di sepeda. Periksa ketegangan dari spoke atau jari-jari, pastikan roda bergerak dengan baik, tidak bergelombang. Gunakan kunci  untuk mengencangkan spoke. Namun jika tidak mampu mengerjakan ini, maka bawalah ke bengkel sepeda terdekat agar  dapat memperoleh hasil maksimal.

7.            Bearing roda

Lepaskan roda, gunakna jari anda untuk memutar hub. Bearing harus mampu berputar dengan baik, tidak ada hambatan dan tidak menimbulkan suara. Namun jika sebaliknya, maka anda haarus mengganti bearing. Setiap pabrikan memiliki perbedaan untuk ukuran bearing, sehingga sesuaikan dengan kebutuhan hub anda atau bawa ke bengkel sepeda terdekat.

8.            Mengganti kabel

Dalam musim hujan, kabel pada drivetrain biasanya akan mengalami banyak masalah. Terkadang dapat menghambat perpindahan RD maupun FD. Jika perlu, ganti seluruh kabel Karen terkadang inner  maupun outer memiliki masalah.

9.            Fork

Cara termudah untuk melindungi fork adalah memberikan lapisan khusus agar mudah dibersihkan. Namun jika tidak, pastikan seluruh bagian fork dapat dibersihkan,. Kemudian periksa tekanan udara untuk pre-load dan atur sag anda. Kami biasa menggunakan sag sekitar 20-25 persen. Jika untuk kebutujan melibas medan dengan kecepatan tinggi, anda mungkin membutuhkan tambahan tekanan udara atau menambahkan putaran pada compression damping.

10.          Shock Absorber

Periksa tekanan udara dan sag pada shock anda. Udara di dalam shock dapat dengan mudah hilang. Begitu pula dengan berat tubuh yang berubah sehingga ada harus dapat mengaturny, atur shock hinga 30 persen dari sag. Lakukan pengujian dengan mengatur rebound dan compression. Dengan sedikit tambahan pada rebound dan compression damping dapat  meningkatkan kemampuan handling sepeda.

11.          Ban

Putar roda dengan perlahan untuk memastikan tidak ada bagian yang rusak. Jika bagian ban luar mengalami kerusakan, maka anda harus menggantinya. Medan yang kering dapat memungkinkan anda melaju dengan cepat namun tekanan ban harus disesuaikan dengan kondisi medan yang dilalui.

Memang bersepeda di musim panas atau hujan memiliki kenikmatan tersendiri. Namun segala hal akan menjadi lebih nyaman ketika anda dapat meluangkan waktu sejenak untuk dapat memeriksa sepeda. Memang cukup mudah untuk memeriksa sepeda sendiri. Namun jika tidak dapat melakukannya, anda dapat membawa ke bengkel sepeda langganan anda.

Kunci dari memeriksa sepeda adalah telah mengetahui gejala awal dari masalah yang timbul sehingga dapat mengatasinya. Selain itu, merawat dengan baik tentu dapat mengurangi biaya daripada harus mengganti komponen yang telah rusak.

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ada kesalahan dalam penulisan maupun tata kata, saya mohon maaf.

sampai jumpa  di artikel selanjutnya�

Sumber : Majalah MOUNTAIN BIKING Indonesia

Thursday, August 6, 2015

Tips Merawat Sepeda Gunung Agar Tetap Awet Dan Bagus

Merawat Sepeda MTBSepeda gunung atau yang juga dikenal dengan sebutan sepeda MTB merupakan sepeda khusus untuk menaklukkan medan-medan berat di pegunungan, entah itu medan basah atau kering.

Dengan medan berat yang harus dilalui tersebut berarti butuh perawatan ekstra untuk sepeda ini, dibandingkan dengan sepeda biasa. Jika tidak, maka dipastikan sepeda gunung kita bisa tidak bertahan lama.
Agar sepeda gunung kita bisa tetap awet, berikut ini beberapa perawatan sepeda gunung yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Bersihkan Sepeda

Mencuci SepedaMembersihkan sepeda gunung secara rutin, terutama setiap kali habis digunakan bisa menjadi kunci keawetan sepeda mtb kita. Untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan shampo khusus untuk sepeda motor. Cuci sepeda MTB dengan menggunakan spons, handuk, dan sikat gigi bekas untuk membersihkan seluruh bagian sepeda, mulai dari frame, rantai, cincin rantai, pedal, rem, hingga jok
sepeda. Sebaiknya hindari menyemprotkan air secara langsung dan dalam jumlah yang banyak ke seluruh body sepeda. Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan karat di bagian dalamnya. Cukup semprotan kecil seperti air hujan saja sebenarnya juga sudah cukup untuk membersihkan sisa-sisa sabun. Jangan lupa untuk melepaskan jok sepeda saat membersihkannya dan tambahkan sedikit minyak pelumas sepeda sebelum memasangnya kembali.

Rem Sepeda2. Cek Rem

Rem merupakan bagian yang penting pada sepeda gunung. Dengan memeriksanya setiap saat bisa menghindari kita dari kecelakaan serius yang mungkin terjadi saat off-road yang disebabkan oleh rem
yang aus. Periksalah bagian berbentuk persegi yang biasanya berbentuk metalik atau karet yang menempel di sisi kanan dan kiri disk ban sepeda. Bila terlihat sudah mulai aus karena tergerus atau pemakaian yang terlalu lama sebaiknya ganti.

3. Periksa ban dan rim (wheelset)

Wheelset SepedaRim ban sepeda berpengaruh pada kestabilan dan kehalusan sepeda saat dikendarai. Untuk mengetahui apakah rim roda dalam keadaan baik, angkatlah sepeda kita dan putar pedal. Pastikan kedua ban bergerak dengan halus tanpa ada goyangan yang tidak stabil.
Jangan lupa untuk memerikan tekanan ban.
Tekanan ban yang ideal adalah kira-kira 30-40 psi.
Tekanan yang lebih rendah dari pada itu akan menyebabkan ban mudah bocor. Kemudian cek juga apakah ada retakan pada ban atau tidak. Agar ban terlihat seperti bar, bisa juga kita menyemir ban sepeda MTB dengan semir ban khusus.

4. Tambahkan pelumas

Pelumas RantaiMinyak pelumas pada rantai dan sistem penggerak sepeda bisa membantu mengurangi kotoran dan debu yang terkumpul sekaligus membuat performa sepeda bisa lebih maksimal dan awet. Ulaskan minyak pelumas secara merata di rantai sambil di memutar pedal berbalik dengan arah jarum jam. Ulaskan juga pelumas di bagian derailleur, kabel rem, dan tuas rem. Jangan lupa untuk
membersihkan sisa-sia minyak pelumas tadi dengan kain yang bersih terutama pada bagian rantai.
Agar tetap awet dan memiliki performa yang maksimal, jangan lupa untuk juga membawa sepeda gunung ke bengkel sepeda secara rutin untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

semoga bermanfaat.... :)

Sunday, February 6, 2011

TIPS MERAWAT PEDAL SEPEDA AGAR TETAP NYAMAN DIPAKAI

Salam Gowes!
Ada trik and tips nih buat bongkar Pedal yang aku kutip dari majalah cycling. Daripada capek-capek ke bengkel mending bongkar sendiri dong.
selamat mencoba ya kawan!

1.      Kalau mau gampang, copot pedal dari crankarm dengan kunci pas atau obeng yang cocok ukurannya. (Kalau sudah jago, pedal tak perlu dicopot dari crankarm). Ingat! Beberapa jenis pedal menggunakan ulir sekrup �melawan arus� pada bagian kiri. Artinya, untuk mengencangkan malah harus diputar melawan jarum jam.

2.      Setelah pedal terlepas, bukalah baut di sebelah kiri dan kanan pedal (jika ada). Lalu, congkellah seal penutup yang ada di bagian luar. Begitu seal terbuka, akan terlihat sebuah sekrup yang bertugas mengunci pedal agar tetap menyatu dengan as. Pada beberapa jenis pedal hexagonal, kita harus mencopot karet dengan membuka baut di belakang pedal. Pada pedal hexagonal alumunium, seal berada di bagian terluar hingga sangat gampang dibuka.

3.      Tarik pedal untuk memisahkan dari as. Hati-hati, pasang sebuah wadah di bawahnya agar peluru tak jatuh rontok berantakan.

4.      Cuci peluru, mankok, dan kones dengan minyak tanah atau bensin. Ganti pelor yang penyok, luka, atau pecah dengan yang baru.

5.      pasang lagi dengan gemuh. Dan pedalmu akan beres! :D  

Gimana? gampang kan!
Go Goweser Indonesia!

selamat bersepeda.....

Friday, February 4, 2011

Jenis-Jenis Groupset Shimano Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut jenis-jenis groupset SHIMANO


  • TOURNEY
Image result for groupset tourney
Groupset termurah dari shimano, cocok untuk sepeda santai, multipurpose bike dan sepeda anak-anak.
Shifter mempunyai tiga pilihan sistem : revoshift, EZ-fire dan thumb shifter model, dengan 5,6 dan 7 speed drive trains.

  • ALTUS
Image result for groupset altus
Cocok untuk MTB-style fun bikers dan pemula yang gemar berekreasi dengan bersepeda.
Shifter menggunakan sistem index 7-speed dengan visual gear display.
Altus berfungsi dengan baik dalam pengoperasian tetapi tidak cukup kuat untuk penggunaan di medan offroad.

  • ACERA
Image result for groupset acera
Hampir berada satu level dengan Altus,Lebih ringan dari Altus dengan 8- speed drive trains.
Para fun bikers dapat merasakan performance mountain bike yang sebenarnya dengan groupset ini.

  • ALIVIO
Image result for groupset alivio
Kita memasuki area yang lebih serius sekarang, Alivio dapat di gunakan untuk medan off-road ringan sampai pada medan offroad yang agak berat.
Shifter dengan sistem rapidfire 8-speed drive trains, dengan kecanggihan teknologi shimano yang menjadikan groupset ini trend-setting group untuk recreational mountain bike.

  • DEORE
Image result for groupset deore
Mid level mountain bikes groupset untuk sport-performance rider. Cocok untuk para pemula (beginner racer) yang ingin mencoba kemampuannya di arena XC racing.
Shifter menggunakan sistem rapidfire shifting mega 9-drivetrain, 4-arm hollowtech crankset, V-brakes dan hydraulic atau mechanical disc brakes.

  • LX
Image result for groupset lx
High performance groupsets, dengan sentuhan teknologi paling muktahir shimano, mega 9-drivetrain, pararel push v-brakes, hollowtech cranckset dan oversize splined axle bottom bracket.
Groupsets ini cocok untuk free riding bahkan untuk bertarung di cross country racing.

  • XT
Image result for groupset xt
XT melambangkan kekuatan dari groupset offroad, sekeras apapun medan offroad yang anda hadapi komponen ini dapat di andalkan kemampuannya.
Mega 9-drivetrain, hollowtech crank dan hydraulic disc brake adalah sebagian dari teknologi muktahir XT.
Groupset ini cocok untuk XC racing dan bagi para hardcore rider yang gemar bersepeda di medan-medan offroad yang menantang.

  • XTR
Image result for groupset xtr
Dibuat dari steels, alloys bahkan titanium yang berkualitas tinggi, menjadikan groupset ini sangat ringan,kuat dan sangat presisi dalam pengoperasiannya.
Dirancang untuk offroad racing bagi para profesional racers dan penggemar MTB yang menginginkan kemampuan terbaik dari sebuah komponen offroad.
Bila anda menginginkan groupsets yang handal dan mahal XTR salah satu pilihannya.


So, kalian pilih yang mana? Sesuaikan dengan kubutuhan dan budget anda yaaa... :)

Wednesday, January 26, 2011

TIPS MERAWAT CAT BODY SEPEDA AGAR TETAP KEREN


Agar cat body sepeda tahan lama,terlihat selalu kinclong atau bening ada beberapa hal yang jarang sekali di perhatikan,pemilik sepeda. Disini akan diberikan sedikit tips perawatan pada cat body sepeda

1. Pada saat anda memarkir sepeda dalam waktu yang agak lama usahakan parkir di tempat sejuk.Karena terik matahari dapat membuat warna cat akan cepat buram atau kusam

2. Saat anda mencuci sepeda perhatikan debu atau pasir yang melekat.Jangan gunakan lap dulu tapi siram atau semprot sepeda sampai debu atau pasir tidak terlihat karena pada waktu kita mengunakan lap debu atau pasir tadi melekat di lap tersebut dan akan menimbulkan goresan halus pada cat bening ini

3. Usahakan jangan menggunakan sabun colek atau detergen karena bahan sabun ini bersifat kasar dan panas ini pun cepat membuat kusam cat.Gunakanlah shampo biasa untuk rambut

4. Jangan terlalu sering menggunakan cairan pengkilap karena cairan tersebut bersifat mengikis,jadi bila terlalu sering di gunakan cat bening akan cepat menipis dan cat akan cepat kusam

5. Setelah terkena air hujan usahakan sepeda di cuci dengan bersih karena tingkat keasaman air hujan tinggi ini akan merusak cat dan membuat sepeda berkarat...kecuali yg body aloy dong.

Demikian tips merawat cat pada body sepeda,semoga bermanfaat dan sepeda anda selalu terlihat baru

Monday, December 27, 2010

TIPS BERSEPEDA DI SAAT HUJAN AGAR TIDAK TERJADI HAL YANG TIDAK DIINGINKAN

Bagi para goweser mania tentunya hujan menjadi faktor yang cukup serius sebagai penghambat kita2 yang pny hobby cycling, ni ada beberapa tips agar ketika musim hujan kita tetep bisa bercycling ria....

  1. Siapkan jas hujan khusus untuk pesepeda, karena jas hujan ini simpel, fit dengan tubuh kita alias tidak terlalu menyita gerakan dan tempat pada waktu dipakai atau disimpan, jas hujan ini sangat penting mengingat bersepeda di saat musim hujan membutuhkan kondisi tertentu, sehingga jas hujan yang khusus untuk sepeda sangat menunjang kemanan dan kenyamanan kita dalam bersepeda.
  2. Lindungi tas atau bekal kita yang kita bawa di sepeda dengan pelindung air (bag cover yang waterproof), atau pergunakan plastik guna membungkus tas kita sehingga air hujan tidak masuk.
  3. Lumasi bagian rantai atau bagian yang mudah berkarat dengan pelumas, apabila tidak memungkinkan untuk itu, setelah dipergunakan sepeda harus segera dibersihkan minimal di lap sampai kering.
  4. Pergunakan penutup helm (helm cover) supaya air hujan tidak  membasahi kepala kita.
  5. Waspada terhadap jalur yang akan kita lewati, terutama apabila terdapat genangan air yang tinggi, hal ini akan sangat membahayakan pada waktu kita bersepeda.
  6. Pergunakan lampu depan/belakang untuk menginformasikan keberadaan kita di jalan.
  7. Apabila kondisi hujan disertai angin yang kuat segeralah mencari tempat untuk berlindung yang aman, hal ini dikarenakan sepeda kita lebih ringan daripada kendaraan lain, sehingga apabila terkena terpaan angin yang kuat dapat mengakibatkan sepeda kita oleng.
  8. Waspada terhadap petir kalau kita bersepeda di tempat terbuka, tetapi juga jangan berteduh di bawah pohon atau rumah yang terpencil di ruang terbuka.
  9. Hati-hati menghadapi banjir, karena sepeda tidak dirancang untuk menerobos genangan seperti itu.
Yang pasti tetap waspada dan hati hati yaaaa

Featured Post

Misteri Di Gunung Gede Pangrango

telaga biru dijalur gunung gede Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri  adal...