Saturday, November 24, 2018

Curug Song Banyumas, Tempat Yang Asik Untuk Bersepeda

bersepeda sampai ke curug song

Curug Song adalah sebuah air terjun yang berada di hutan dan dikelola oleh perhutani. Secara geografis, curug yang menawarkan keindahannya ini berada di grumbul Kali Ontong desa Kalisalak kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Hanya butuh sekitar 10 menit naik sepeda dari perempatan jimat sampai ke lokasi parkir, tapi kebetulan pas kita kesana sepedanya ku bawa sampai atas karena masih bisa untuk dinaiki dengan sepeda. Kurang lebih sekitar 10 menitan lah naiknya karena ada beberapa lokasi yang diharuskan kita menggotong sepeda. Tapi gak usah khawatir lelahnya akan terbayar disepanjang perjalanannya karena hawa segar dan hijau dedaunan serta pemandangannya yg begitu asri akan melegakanmu. Ditambah banyak beberapa spot foto yang cuammik...

rumah-rumahan yang bagus untuk spot foto
Jalan setapak menuju curug song sudah disulap oleh warga dan pengelola. Tanjakan extreme hanya ada dua tempat, itu pun jaraknya hanya kisaran 10-20 meter saja. Tapi bagi pesepeda seperti kami akan lebih susah karena tanjakannya sudah dibuat berundak-undak jadi perlu tenaga ekstra untuk menuntunnya.

Bersepeda di alam bebas seperti ini sangat baik buat kesehatan badan juga kesegaran otak karena selain dapat membakar lemak, oksigen segar yang kita hirup dari pegunungan serta pemandangan asri akan membuat kita merasa senang seperti merefresh kembali otak dan pikiran kita karena pekerjaan atau aktivitas lainnya yang dilakukan terus menerus yang membuat bosan.

jalan setapak menuju curug song

Arah Curug Song Dari Cilacap

Setelah pom bensin Sampang dari arah barat, masuk ke jalan kecil yang agak menurun. Tak lama dari situ akan melewati perlintasan kereta api lalu ada perempatan. Itu namanya perempatan Sawangan, terus ambil kiri sekitar 5 menit akan sampai di perempatan Jalan Jimat terus ambil kanan. Jalan terus. Dari sini akan lebih mudah karena papan nama menuju curug song sudah dipasang di beberapa titik. Kalau masih ragu, tinggal tanya ke penduduk setempat.

Ada wahana lain selain air terjun. Ada rumah-rumahan kecil, ada rest area, ada juga jembatan cinta yang menghubungkan jalan utama dengan bumi perkemahan, kalian bisa menikmati malam sunyi sepi di sini, rasanya pas banget buat kalian yang sedang galau putus cinta atau hanya ingin bersenang senang dan menjauh dari hiruk pikuknya kota. Tanjakan mesra juga ada, tanjakan ini mempunyai sudut elevasi yang melebihi 45 derajat. Kalian akan sedikit ngos-ngosan sampai atas, temanku saja sampai mengeluh sambil cekikikan berkali kali.

curug song kebasen


Sepanjang perjalanan akan menikmati udara segar dan pemandangan yang asri. Saat melintasi kali perwaton, parkir sepedamu dan lepaskan alas kakimu kemudian rasakan sensasi dingin dan segar saat merendamnya. Andai tak risih, ingin rasanya mandi disana. Ada tiga kedung yang cukup dalam yaitu kedung lesung, sengon dan jembangan yang kedalamannya mencapai 2,5 meter.
Sebenarnya selain curug song, ada dua tempat lagi lainnya yaitu curug dipacandra dan watu bengkah yang bisa kalian kunjungi. Tapi sayang, kemarin saya dan teman-teman belum sempat kesana karena harus kembali gowes lagi sampai ke Cilacap dan gak bisa berlama lama disana. Petunjuk arah ke tempat tersebut akan kalian temui di kali cawang. Menurut warga setempat si curug dipacandra debit airnya lebih sedikit dibandingkan curug song. Sedangkan watu bengkah adalah sebuah batu besar yang berlubang besar seperti membelah.

Tiket masuk : Rp 4.000_ per orang


Penasaran kan curug song seperti apa? yukk kunjungin....

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Misteri Di Gunung Gede Pangrango

telaga biru dijalur gunung gede Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri  adal...