Tuesday, September 22, 2020

Panorama Kebun Teh Kaligua, Brebes - Wisata Dengan Suasana Alam Yang Sejuk


Kebun Teh Kaligua


Agrowisata Kaligua adalah kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak di desa Pandansari kecamatan Paguyangan, kabupaten Brebes Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian selatan. Agrowisata Kaligua dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi usaha untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah. Hasil pengolahan perkebunan teh Kaligua berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan merk " Kaligua " dalam kemasan teh celup dan serbuk. Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati hangatnya teh hitam Kaligua di lokasi atau membelinya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.


salah satu tujuan wisata, Goa Jepang


SEJARAH KEBUN TEH KALIGUA

Perkebunan teh Kaligua merupakan warisan pemerintah kolonial Belanda. Pabrik dibangun pada tahun 1889 untuk memproses langsung hasil perkebunan menjadi teh hitam. Kebun ini semula dikelola oleh warga Belanda bernama Van de Jong dengan nama perusahaan Belanda Jhon Fan dan Pletni yang mewakili NV Culture Onderneming. Sebagai penghargaan, makam Van de Jong masih terawat sampai saat ini di lokasi kebun teh Kaligua.


Konon pada saat pembangunan pabrik, para pekerja membawa ketel uap dari Paguyangan menuju Kaligua ditempuh dalam waktu 20 hari. Peralatan tersebut dibawa dengan rombongan pekerja yang berjalan kaki sepanjang 17 km. Selama proses pengangkutan tersebut, para pekerja pada saat istirahat dihibur oleh kesenian ronggeng Banyumas. Sampai sekarang setiap memperingati HUT pabrik Kaligua setiap tanggal 1 juni selalu ditampilkan kesenian tradisional tersebut.


Agrowisata yang sejuk nan asri



FASILITAS KEBUN TEH KALIGUA

Kawasan agrowisata Kaligua memberikan banyak pilihan wisata. Disamping kebun teh terdapat beberapa situs wisata menarik yang berada di seputaran Kaligua. Misalnya Gua Jepang, Tuk Bening, Gua Angin, serta makam pendiri kebun, Van de Jong. Beberapa vila milik perkebunan bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang ingin bermalam. 

Untuk melayani wisatawan, pihak perkebunan menyediakan fasilitas homestay (penginapan) yang cukup baik. Disamping itu terdapat pula gedung pertemuan, area outbond, area perkemahan, lapangan olah raga, cafe, pusat layanan kesehatan, sarana ibadah, dan lain-lain. Selain itu pengunjung dapat memilih beberapa paket wisata yang disediakan.


Saya (Rizki), Irfan, Ikhwan, Iwan


Kemarin, saya dan kawan-kawan sempat mengunjungi kebun teh Kaligua yang sejuk nan asri ini. Kami berangkat dari Cilacap menuju Brebes kurang lebih 2 jam. Tiket yang harus kami bayar per orang adalah Rp 20.000_ . Harga yang relatif untuk sekali masuk. Karena masih musim pandemi jadi gak banyak pengunjung seperti biasanya. Hamparan hijau perkebunan teh dengan latar gunung slamet membuat jiwa merasa tenang dan damai. Tatkala pagi hari, kamu bisa mencium kesejukan di tengah panorama alam yang sungguh mempesona. Sejauh mata memandang, tetes embun terlihat menempel di dedaunan teh yang rindang.

Kita berharap semoga covid-19 cepat musnah dari muka bumi ini agar kita semua bisa beraktivitas seperti biasanya. Serta tempat-tempat wisata menjadi ramai kembali dan bisa menjadi income buat warga disekitar wisata. 

Terima kasih, semoga tulisan saya kali ini ada manfaatnya. Follow juga instagramku di @rizki_imamfauzi


damai menenangkan

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Misteri Di Gunung Gede Pangrango

telaga biru dijalur gunung gede Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri  adal...