Tuesday, September 29, 2020

Meningkatkan Kualitas Kesehatan di Daerah Pedalaman - KORINDO

sumber foto Foto oleh Startup Stock Photos dari Pexels


 KORINDO Adalah...

KORINDO merupakan sebuah perusahaan Indonesia yang didirikan pada tahun 1969 dan telah beroperasi selama 50 tahun. Pada awalnya perusahaan kami menempatkan fokus utamanya di pengembangan hardwood yang kemudian beralih ke plywood/veneer pada tahun 1979, kertas koran di tahun 1984, perkebunan kayu di tahun 1993, dan terakhir perkebunan kelapa sawit di tahun 1995. Keputusan yang diambil perusahaan ini bertepatan dengan ditetapkannya kebijakan pemerintah Indonesia mengenai pelarangan ekspor hardwood dan industri pengolahan sekunder yang berkembang di tahun 1983. KORINDO telah diakui atas pengembangan sumber daya hutan yang baik dan sumbangsih yang diberikan kepada industri pengolahan terkait, sehingga menjadi sebuah kontribusi bermanfaat bagi perkembangan ekonomi makro/mikro di Indonesia. KORINDO juga dikenal atas keberhasilan nya dalam memasok kertas koran domestik serta memenuhi seruan pemerintah untuk melakukan pembaruan dalam industri kertas koran yang sebelumnya sangat bergantung pada produk kertas koran impor.
Kecenderungan kebijakan perusahaan dan para pimpinannya ini berkaitan erat dengan tanggung jawab sosial perusahaan sehingga mendorong perusahaan untuk membangun kompleks pengolahan kayu secara kolektif di Kalimantan Tengah pada tahun 2013. Pada tahun 2016, perusahaan juga telah melakukan upaya terpadu untuk mendukung perkebunan padi uji coba di daerah sekitar Merauke sehingga memberikan konstribusi yang lebih di bidang swasembada pangan.


Melalui usaha hutan tanaman dan perkebunan kelapa sawit, KORINDO telah berhasil mengembangkan industri ramah lingkungan dengan nilai ekonomi yang diperoleh langsung dari hasil hutan. KORINDO telah berkomitmen untuk mengembangkan usahanya di wilayah-wilayah Indonesia yang tertinggal melalui pembangunan jalan dan tempat tinggal serta pembangunan besar-besaran pada infrastruktur utama yang menjadi bagian dari usaha pengembangan daerah. KORINDO telah mempekerjakan kurang lebih 10.000 pekerja di Asiki, yang merupakan distrik bisnis utama di Propinsi Papua, dan telah membangun pusat pengembangan keahlian penduduk lokal, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan.
Jumlah pajak daerah yang telah dibayarkan oleh KORINDO di Kabupaten Merauke dan Boven Digoel mencapai 30% dan 50% dari total pajak lokal masing-masing kabupaten. KORINDO juga telah mendirikan fasilitas kesehatan pertama di Asiki, melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara gratis. Saat ini, perusahaan kami sedang mendirikan rumah sakit umum yang menyediakan tingkat pelayanan kesehatan yang lebih tinggi kepada sekitar 20.000 orang, atas kerjasama dengan Korea International Cooperation Agency.


sumber Foto oleh freestocks.org dari Pexels



Aspek Kesehatan Masyarakat di Daerah Pedalaman Masih Sangat Minim

Saat ini Indonesia baru memiliki sejumlah layanan dan tenaga kesehatan di pedesaan, terutama di wilayah terpencil dan kepulauan, yang jumlahnya sangat terbatas.  Masalah kesehatan menjadi salah satu perhatian utama Korindo Group dan ditangani melalui Program CSC dengan memberikan pelayanan kesehatan dan klinik gratis yang didirikan di daerah terpencil. Pelayanan kesehatan ini dimaksudkan untuk memfasilitasi dan mendorong gaya hidup sehat serta pencegahan penyakit. KORINDO Group juga memberikan penyuluhan kesehatan melalui program dokter keliling (mobile services) dan menyediakan mobil ambulans serta pelayanan kesehatan gratis seperti pemeriksaan kesehatan, pemberian makanan tambahan (PMT), imunisasi, dan pengobatan gratis.


sumber Foto oleh Sarah Dietz dari Pexels


Pendidikan Usaha Yang Terencana

Pendidikan itu sangat penting. Wilayah Indonesia yang sangat luas dan terdiri dari berbagai macam pulau dan adat membuat sebagian orang khususnya orang pedalaman tidak mendapatkan pendidikan seperti semestinya. Harus diakui, ada beberapa kendala yang menjadikan pendidikan itu tidak sampai ke daerah itu. Dimulai dari sarana dan prasarana, seperti jalan yang sangat jauh, tidak adanya jembatan dan lain sebagainya. Itu yang membuat akses tidak lancar untuk mencapai kesana. Masyarakat Indonesia yang tinggal didaerah pedalaman tidak memiliki nasib sama dengan orang yang tinggal di daerah perkotaan.

Masyarakat yang tinggal didaerah pedalaman lebih sulit mendapatkan fasilitas yang memadai. Tempat mereka untuk menuntut ilmu (sekolah) seperti ala kadarnya saja. kadang mereka hanya berkumpul di tempat yang seperti hutan, dan tak jarang juga mereka memanfaatkan bangunan beratapkan rumbia untuk melakukan kegiatan belajar mengajar.

Mereka kesulitan untuk mendapatkan air bersih, mengenyam pendidikan sesuai batas kelayakan pendidikan Indonesia sulit mengikuti perkembangan zaman. Penderitaan anak pedalaman tidak hanya sebatas dari fasilitas saja. Lokasi yang sangat jauh di daerah pedalaman membuat mereka harus berjuang lebih keras. Mereka harus menempuh perjalanan jauh hanya dengan berjalan kaki, tak jarang juga berjalan menyusuri hutan rimba atau perbukitan, menyeberangi sungai yang hanya menggunakan jembatan gantung. Bahkan ada juga yang harus menyeberangi sungai sambil menjunjung sepatu dan tas nya demi sampai ke lokasi dimana mereka menuntut ilmu. Walau perjuangan untuk menuntut ilmu sangat berat, tetapi semangat anak-anak pedalaman tak pernah pudar untuk meraih cita-citanya. Indonesia memiliki tantangan terbesar dalam memberikan pendidikan, diantaranya adalah akses pendidikan bagi semua orang yang kurang mendukung, kualitas pendidikan yang sepenuhnya belum merata, alokasi anggaran, dan keseriusan pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Oleh karena itu, KORINDO merasa bertanggung jawab untuk berkontribusi bagi masyarakat Indonesia. Yayasan Korindo memiliki tanggung jawab untuk membangun komunitas yang berkelanjutan di berbagai bidang melalui program Corporate Social Contribution (CSC/CSR). Kegiatan CSR tersebut berfokus pada program strategis, sistematis, dan berkelanjutan melalui 5 pilar program utama. Yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan dan infrastruktur.

Menciptakan Indonesia yang lebih baik adalah tujuan Korindo. Yayasan Korindo yang semula fokus memberikan bantuan pendidikan akademik berupa beasiswa kepada generasi muda berprestasi, namun kini mulai memfasilitasi program CSC di bidang lain, termasuk memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah. Korindo percaya bahwa apa yang dilakukan hanyalah sebagian kecil dari apa yang diperlukan untuk menjadikan Indonesia lebih baik, tetapi peran utama Korindo adalah menjadi Katalisator untuk perubahan Bangsa Indonesia.

DENGAN BERBAGI, HIDUP AKAN BERARTI LEBIH BANYAK.

KORINDO Group telah beroperasi di Indonesia selama 50 tahun dan telah melakukan berbagai upaya untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan di berbagai bidang melalui program Corporate Social Contribution (CSC /CSR). Upaya tersebut sejalan dengan filosofi perusahaan dalam membangun hubungan yang harmonis, bermanfaat dan berkelanjutan antara masyarakat dengan pemangku kepentingan guna mencapai kemajuan dan kesejahteraan. Kegiatan CSR tersebut berfokus pada program strategis, sistematis, dan berkelanjutan melalui 5 pilar program utama.

Yayasan Korindo adalah lembaga yang melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSC/CSR) Korindo Group. Selama 19 tahun, Korindo fokus memberikan kontribusi bagi peningkatan dan keberlanjutan pendidikan di Indonesia. Sejak 2018, Korindo telah berjanji untuk memenuhi semua CSC terkait pendidikan, ekonomi, lingkungan, kesehatan, dan infrastruktur.


Visi dan Misi KORINDO

sumber https://www.korindo.co.id/wp-content/uploads/2020/04/new-filosofi-Korindo-ID.png


Visi : Untuk menjadi institusi dan perawatan profesional untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemerdekaan masyarakat melalui program berkelanjutan.

Misi : Mendorong sinergi dengan pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan terkait dalam mewujudkan visi yayasan. Untuk secara aktif melaksanakan program pembangunan sosial melalui 5 pilar. Yang meliputi : Kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan, dan infrastruktur sesuai dengan kompetensi kelompok KORINDO untuk mewujudkan program sosial masyarakat yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan independensi masyarakat disekitar wilayah operasional Korindo Group. untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat dan bersama-sama membuat perubahan besar dalam arah yang lebih baik.

#Korindoblogcompetition2020

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Misteri Di Gunung Gede Pangrango

telaga biru dijalur gunung gede Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri  adal...