Tuesday, September 29, 2020

AIR BERSIH DAN PENDIDIKAN MENGENAI TANAMAN OBAT UNTUK ORANG PEDALAMAN

 
sumber pixabay


Daerah Pedalaman Juga Berhak Mendapatkan Fasilitas Kesehatan

Kesehatan sangatlah penting. Hidup akan menjadi lebih nikmat jika kita sehat. Tapi bagaimana jika fasilitas kesehatan sulit didapat, seperti di daerah pedalaman? Inilah peran penting pemerintah, pemerataan fasilitas. Dari mulai pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Saat ini Indonesia baru memiliki sejumlah layanan dan tenaga kesehatan di pedesaan, terutama di wilayah terpencil dan kepulauan, yang jumlahnya sangat terbatas.

Di masa pandemi covid-19 saat ini, kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. Apalagi di Indonesia yang kasusnya semakin banyak. Penggunaan masker, cuci tangan dan menjaga jarak adalah suatu keharusan. Tak terkecuali didaerah pedalaman. Indonesia adalah negara dengan berbagai macam suku dan budaya. Dari Sabang sampai Merauke banyak sekali keanekaragaman.
Di daerah perkotaan mungkin akan sangat mudah mendapatkan masker dan lain sebagainya, tapi bagaimana didaerah pedalaman? pasti akan sangat sulit mendapatkan masker dan fasilitas kesehatan lainnya. Bahkan untuk suplai makanan pun susah apalagi fasilitas kesehatan. Kesehatan adalah hak seluruh bangsa Indonesia tak terkecuali di pedalaman. Maka dari itu, selain dari pemerintah yang harus tanggap, kita sebagai saudara se-tanah air harus bahu membahu saling menjaga kesehatan satu sama lain. Didaerah pedalaman, banyak juga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, menjaga pasokan air bersih, juga memperbanyak fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan lain sebagainya.


Pembuatan Pompa Air Bersih Untuk Masyarakat Pedalaman

Air adalah sumber kehidupan. Air merupakan sumber daya yang sangat di butuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Air bersih adalah salah satu jenis sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari termasuk diantaranya adalah sanitasi. Sudah semestinya kita menjaga lingkungan agar selalu bersih dan segar. Terkadang didaerah pedalaman untuk mendapatkan air bersih sangatlah susah, oleh karena itu alangkah baiknya jika di setiap titik tertentu dibangun pompa air untuk menyalurkan air bersih ke masyarakat yang ada di daerah pedalaman. Dengan adanya pompa air, diharapkan bisa menjaga kebutuhan akan air bersih kepada masyarakat. Air bersih tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk minum, mencuci, mandi dan sebagainya. 


Pelatihan Gratis Tentang Tanaman Obat Untuk Masyarakat Pedalaman

Selain pengadaan air pompa untuk air bersih untuk didaerah pedalaman, bisa juga diadakan pelatihan untuk mengenal jenis-jenis tanaman obat. Di harapkan nantinya, masyarakat pedalaman punya ilmu akan berbagai macam tanaman yang bisa dijadikan obat herbal. Jadi jika pasokan obat dari kota tak kunjung datang, masyarakat bisa memanfaatkan tanaman yang ada disekitar mereka. Dengan ilmu yang dimiliki masyarakat pedalaman, mereka tidak akan kesulitan lagi membedakan jenis tanaman yang bisa dijadikan obat herbal.

Tanaman obat sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dalam dunia farmasi, tanaman obat merupakan sumber bahan baku obat tradisional maupun modern. Sekarang ini ada kecenderungan masyarakat untuk mengkonsumsi obat tradisional, karena adanya perubahan gaya hidup back to nature dan mahal nya obat-obatan modern yang membuat permintaan tanaman obat semakin tinggi, tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia. Tanaman obat sangat popular digunakan sebagai bahan baku obat tradisional dan jamu, serta produk turunan lainnya. Sayangnya, tanaman obat yang ada di Indonesia saat ini masih belum dikembangkan menjadi obat herbal, dan lebih cenderung hanya untuk jamu. Jika tanaman obat ini mampu diproduksi sebagai Obat Herbal Terstandar (OHT) dan Fitofarmaka maka akan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dan kemampuan daya saing yang lebih kuat baik di pasar dalam negeri maupun internasional. Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki hutan hujan tropis terbesar di dunia memiliki potensi sebagai produsen tanaman obat dunia. Maraknya peredaran jamu dan obat-obatan memang sulit dihindari seiring dengan kesadaran masyarakat atau konsumen yang mengharapkan hasil yang cepat dalam pengobatan. Edukasi konsumen serta pengetahuan akan produk herbal tradisonal masih sangat dibutuhkan oleh konsumen. Pemanfaatan tanaman obat ini semakin berkembang seiring dengan mulai berkembangnya produk. Tanaman obat tidak hanya dapat digunakan sebagai obat tradisional dan konsumsi rumah tangga, namun juga dapat dikembangkan dan diolah untuk berbagai macam kebutuhan, terutama jamu, obat-obatan, kosmetik, bahan untuk industri makanan/minuman, dan lainnya. 

Budidaya tanaman obat, Indonesia masih menghadapi banyak kendala dalam hal produksi, antara lain penyelenggaraan kegiatan budidaya tanaman obat yang belum profesional, ketidakmampuan petani dalam menjaga kualitas dan mutu tanaman obat dan masih minimnya perhatian industri tanaman obat terhadap hasil-hasil penelitian ilmiah dalam upaya pengembangan produk. Kendala lain dalam produksi tanaman obat adalah masalah dukungan pembiayaan dalam mengembangkan usaha agribisnis, terutama untuk petani skala kecil.

Sekian tulisan dari saya mengenai cara meningkatkan kualitas kesehatan di daerah pedalaman. Semoga tulisan dan ide diatas dapat memberikan kontribusi untuk masyarakat di daerah pedalaman. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Misteri Di Gunung Gede Pangrango

telaga biru dijalur gunung gede Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri  adal...