Thursday, July 2, 2020

Fenomena Menjamurnya Pesepeda Di Masa Pandemi Covid-19


Bersepeda adalah olahraga yang sedang digemari


Bersepeda adalah sebuah kegiatan rekreasi atau olah raga, serta merupakan salah satu mode transportasi darat yang ramah lingkungan. Banyak penggemar sepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, Misalnya perbukitan, medan yang terjal maupun yang hanya sekedar di pedesaan dan perkotaan saja.

Sejak masa pandemi, bersepeda seperti menjadi tren baru. Hampir setiap hari bisa melihat orang bersepeda, tidak hanya di kota-kota besar tapi di kabupaten kecil seperti Cilacap tempat saya tinggal juga banyak yang menggunakan sepeda. Sekarang sepeda sedang tren sekali sebagai alat untuk berolahraga. Mulai dari anak-anak, dewasa bahkan sampai yang kakek-kakek pun mulai gemar mengayuh sepeda lagi. 

Mengisi waktu libur untuk bersepeda

Saya sendiri sudah menyukai sepeda sejak dahulu. Kalau sedang libur bekerja, saya sering menggunakan waktu libur untuk bersepeda. Sesekali juga pernah menggunakan sepeda untuk bekerja. Sebelum adanya covid-19 seperti sekarang ini, harga sepeda masih relatif murah. Tapi sekarang harga sepeda sudah sangat melambung. Ada beberapa kawan saya yang beralih profesi menjadi pedagang sepeda karena melihat animo masyarakat yang sangat gemar mengayuh sepeda.

Makin banyak juga komunitas-komunitas sepeda yang ada saat ini. Dari komunitas sepeda mtb, roadbike, komunitas sepeda lipat, dan lain-lain. Di kota Cilacap sendiri sedang booming nya komunitas sepeda minions. Sesuai namanya yang lucu, minions adalah komunitas penggemar sepeda mini dimana mereka memilih sepeda mini dengan alasan ingin bernostalgia dengan kenangan waktu kecil. Sepeda mini yang dianggap barang rongsokan, di minions ini banyak yang diperbaiki dan dicat agar terlihat baru dan layak untuk dipakai kembali. Biasanya mereka yang bergabung kedalam komunitas ini adalah pecinta olah raga sepeda yang bosan dengan sepeda yang mereka miliki, seperti fixie dan mountain bike. Makanya mereka beralih ke sepeda mini. Dan uniknya, komunitas yang masih terbilang baru di Cilacap ini sudah banyak peminatnya.

Selain karena olahraga, bersepeda adalah olahraga yang murah. Bersepeda juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya yaitu dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres. Saat bersepeda, tanpa disadari tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang memicu timbulnya rasa nyaman dan suasana hati yang positif.

Karena saking banyaknya penggemar sepeda seperti sekarang ini, sampai-sampai ada isu bahwa sepeda akan dikenakan pajak. Isu tersebut sedang hangat dibahas oleh media sosial saat ini. Lantas, benarkah sepeda akan dikenakan pajak? Berikut kutipan keterangan tertulis kemenhub nomor 75/SP/VI/HMS/2020 : "sehubungan dengan pemberitaan di beberapa media online yang menyebutkan bahwa kementerian perhubungan (Kemenhub) sedang menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda, maka dengan ini disampaikan bahwa hal tersebut TIDAK BENAR". Ternyata yang sedang disiapkan bukan pajak sepedanya, melainkan regulasi keselamatan bagi para pesepeda.

Tidak ada salahnya kita suka bersepeda. Namun yang perlu diingat, ketika kita bersepeda dijalan raya, kita harus menyadari bahwa bukan hanya kita yang menggunakan jalan tersebut. Hormatilah pengguna jalan lain, jangan bersepeda dengan cara berjejer-jejer hingga memakan bahu jalan. Bijaklah dalam melakukan segala hal termasuk bersepeda.

Terima kasih, semoga tulisan saya kali ini dapat diambil manfaatnya. Jangan lupa kritik dan saran agar tulisan saya makin bagus dan enak serta membawa banyak manfaat bagi para pembaca. Follow juga instagramku di @rizki_imamfauzi

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Misteri Di Gunung Gede Pangrango

telaga biru dijalur gunung gede Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri  adal...